Jumat, 24 Juli 2020

Tragedi Masa Depan

Tragedi adalah kata yang mengambarkan perencanaan, pandangan, dan imajinasi yang akan terjadi. Oleh sebab itu gambaran atas suatu peristiwa yang diharapkan saat ini untuk tidak terjadi, tapi pada kenyataannya tetap terjadi juga. Maka tragedi masa depan selalu dilihat dari hasil-hasil fisik atau kerusakan-kerusakan yang dihasilkan oleh peristiwa tragedi yang menjadi pertanda saat ini. Lalu melewati banyaknya kejadian dan femomena sejarah sehingga nilai-nilai keestetikaan yang terlihat sangat menonjol dalam dunia seni, dan seharusnya manusia dalam rentang dalam perjalanan sejarah yang sudah sedemikian panjang sudah bisa memahami makna estetika secara lumayan utuh.

Karena kerakter seni atau keindahan yang ditonjolkan adalah dalam bentuk mitos dan legenda-legenda yang sangat serius, yaitu upaya pengalihan dari derita dan kepedihan yang manusia hadapi dalam kehidupan sehari-harinya ke dalam wujud Tuhan yang memaksa. Kemudian untuk bertanggung jawab terhadap kesialan yang manusia alami dalam hidupnya, maka unsur-unsur supranatural kemudian menjadi bagian sentral dalam irama kehidupan manusia, supranatural itu sendiri mencakup bagian luar wilayah manusia yang menuntut pada dibentuknya aturan-aturan yang sangat mengikat dalam tindakan-tindakan yang metodis dan tersusun.

Terjadinya tragedi di masa depan akibat adanya gerakan-gerakan seni yang berusaha menciptakan realitas alternatif yang penuh dengan peraturan-peraturan yang sangat mengikat dan menuntut kepatuhan yang mutlak serta baku dalam mewujudkan nilai-nilai seni yang bersifat melimpah dari tempat yang kepada tempat yang paling rendah. Untuk lebih tepatnya keadaan yang sempurna ini yang berbeda dengan realitas sehari-hari yang dapat dipahami dengan cara yang tidak sempurna, kesadaran mendalam akan bersifat tidur lenyap dan mimpi-mimpi yang menyembuhkan dan sangat membantu dalam menghadapi keadaan yang lebih spesifik dan teratur.

Kemudian proses adaptasi manusia terhadap tantangan kehidupan adalah bagian dari proses terbentuknya aliran seni alternatif dan aliran seni buatan sejarah yang mendalam, yaitu upaya-upaya menonjolkan sensasi-sensasi penampakan dari setiap pengalaman-pengalaman manusia baik secara personal maupun secara kolektif, serta akan dirayakan dengan penuh antusias dan ceria dengan perayaan-perayaan dalam bentuk tulisan kreatif, seni ukir, mitos yang lucu dan manarik, dan bangunan-bangunan yang megah dan unik, serta aneka ragam patung-patung dan dewa-dewi. 

Selanjutnya upaya-upaya penerimaan dan pemahaman terhadap hakikat-hakikat realitas, kedudukan manusia dan gaya buatan manusia yang beralih fungsi menjadi pelaku sentral dan memegang kendali utama terhadap jalannya cerita yang dialami manusia dalam kehidupan sehari-hari. Maka manusia bukan lagi seniman, ia telah menjadi sebuah karya seni, kekuatan artistik yang secara alami menyatakan diri pada kegembiraan tertinggi keesaan asali di tengah-tengah serangan kemabukan yang hebat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar